Peran Guru Mendampingi Siswa Korban Bullying

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36588/sundermann.v15i2.82

Keywords:

bullying, guru, siswa, psikososial

Abstract

Sekarang ini, tindakan bullying terjadi dikalangan anak-anak sekolah dasar dan paraktek ini terus terjadi disemua sekolah dan berdampak besar bagi anak-anak yang menjadi korban. Praktek dan tindakan bullying juga terjadi di sebuah sekolah dipinggiran kota Gunungsitoli yakni sekolah dasar UPTD SDN 076059 Lololawa, sebuah sekolah yang terletak dipedesaan dimana praktek bullying diantara siswa marak terjadi. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dimana temuan penelitian lapangan akan dipaparkan secara deskriptif. Bullying yang terjadi di SD Lololawa merupakan tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan dan trauma. Tindakan bullying sangat mempengaruhi kepercayaan diri seorang anak dan mengganggu pola hidup anak tersebut dalam belajar dan bergaul. Tindakan bullying yang terjadi di kalangan siswa, diawali dengan candaan yang berujung pada ejekan dengan kata-kata yang menyakiti atau memanggil dengan julukan-julukan tertentu. Dari tindakan ini, maka muncul tindakan bullying berupa bullying fisik, bullying verbal, dan bullying sosial. Dalam menangani tindakan bullying ini maka yang harus dilakukan yaitu melakukan pendampingan berupa pendampingan psiko sosial yang dilakukan oleh para guru terhadap korban. Untuk memulihkan kepercayaan diri mereka serta menumbuhkan motivasi belajar agar mereka tetap nyaman belajar serta membangun hubungan sosial dengan teman-temannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Ponny Retno Meredam Bullying. Jakarta: Gramedia, 2008.

Amandemen Undang-Undang Perlindungan Anak, UU RI No. 35 Tahun 2014. Jakarta: Redaksi Sinar Grafika, 2015

Arikunto, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002

Ahmadi, Abu Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta, 2007

Beek, Aart Van. Pendampingan Pastoral. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003

Gerungan, DIPL Psych, W.A. Psikologi Sosial. Bandung: Refika, 2002

Nusantara, Ariobimo. Bullying Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Sejiwa, 2008

Priyatna, Andri Lets End Bullying. Jakarta: Kompas Gramedia. 2010.

Wiryasaputra, Totok s. Ready to Care. Yogyakarta: Galangpress, 2006

https://kbbi.web.id/rundung

https://doktersehat.com/bullying

https://kumparan.com, akses tanggal 7 September 2021

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Dachi, O., & Telaumbanua, B. (2022). Peran Guru Mendampingi Siswa Korban Bullying. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 15(2), 99-105. https://doi.org/10.36588/sundermann.v15i2.82

Issue

Section

Table of Contents