Upaya Orang Tua Menumbuhkan Minat Baca Anak pada Alkitab

Authors

  • Libertina Hulu Prodi S1 Pendidikan Agama Kristen STT Banua Niha Keriso Protestan Sundermann Nias
  • Delipiter Lase STT Banua Niha Keriso Protestan Sundermann Nias https://orcid.org/0000-0002-1609-182X
  • Amurisi Ndraha STT Banua Niha Keriso Protestan Sundermann Nias

DOI:

https://doi.org/10.36588/sundermann.v14i1.50

Keywords:

anak dan Alkitab, menumbuhkan, minat baca Alkitab, upaya orang tua

Abstract

Mengajarkan Alkitab secara kreatif kepada anak-anak sejak usia dini akan menolong mereka untuk memahami hal yang utama tentang kehidupan, menguatkan mereka menghadapi dan mengatasi tantangan serta mengajari anak untuk menjalani kehidupan yang tidak didominasi oleh dosa. Karena itu, orang tua berkewajiban untuk menumbuhkan minat baca anak terhadap Alkitab sejak dini, karena orang tua adalah orang yang terdekat pertama bagi anak. Artikel ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana minat baca anak terhadap Alkitab, mencari tahu faktor penyebab serta pada bagian akhir pembahasan, penulis memaparkan upaya dan strategi orang tua menumbuhkan minat baca anak terhadap Alkitab. Penelitian dikembangkan dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data dan informan berjumlah 14 orang terdiri dari orang tua dan anak usia 6-12 tahun; ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data diambil berdasarkan observasi dan wawancara, serta data yang telah diperoleh dianalisis dengan teknik analisis tematik. Temuan penelitian menujukkan bahwa minat baca anak terhadap Alkitab masih sangat rendah; setiap sepuluh orang anak usia sekolah dasar terdapat tidak lebih dari tiga orang yang gemar (memiliki minat) membaca Alkitab. Penyebab rendahnya minat baca anak terhadap Alkitab diklasifikasi ke dalam empat faktor, yakni lingkungan keluarga, sarana dan fasilitas bacaan, perkembangan teknologi, literasi baca tulis dan pola asuh orang tua. Pada bagian akhir artikel, penulis menyarankan beberapa upaya yang dapat diterapkan oleh orang tua untuk menumbuhkan minat baca anak terhadap Alkitab, di antaranya menyediakan bahan bacaan Alkitab yang beragam, mengatur waktu ibadah dalam keluarga, membatasi kegiatan anak untuk menonton dan bermain secara berlebihan, serta menjadikan waktu renungan sebagai kebiasaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, Tia Ulfa. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BACA SISWA SD NEGERI 125 PEKANBARU.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9, no. 1 (February 12, 2020). https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/7565.

Braun, Virginia, and Victoria Clarke. “Using Thematic Analysis in Psychology.” Qualitative Research in Psychology 3, no. 2 (January 2006): 77–101. http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1191/1478088706qp063oa.

Darmadi. MEMBACA, YUUUK.....! “Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Usia Dini.” Yogyakarta: Guepedia Publisher, 2018.

Darmawan, I Putu Ayub. “Pembelajaran Memorisasi Dalam Ulangan 6:6-9.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 3, no. 1 (June 17, 2019): 21. http://www.stttorsina.ac.id/jurnal/index.php/epigraphe/article/view/50.

Datu, Marlianti. “Meningkatkan Minat Anak Sekolah Minggu Untuk Membaca Alkitab Di Era Globalisasi.” OSF Preprints, 2020. https://osf.io/rfky9/.

Elisabeth. Pembelajaran PAK (Pendidikan Agama Kristen) Bagi Anak Usia Dini. Bandung: Bina Media Informasi, 2009.

Groome, Thomas H. Christian Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Heriyanto, Heriyanto. “Thematic Analysis Sebagai Metode Menganalisa Data Untuk Penelitian Kualitatif.” Anuva 2, no. 3 (November 22, 2018): 317. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/3679.

Khasanah, Rofiqul. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Membaca Siswa Kelas IVB SD Negeri Ngoto Sewon Bantul Tahun Ajaran 2014/2015.” Universitas Negeri Yogyakarta, 2015. https://eprints.uny.ac.id/27231/.

King, Philip J., and Lawrance E. Stager. Kehidupan Orang Israel Alkitabiah. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.

Koehler, Edward. Intisari Ajaran Kristen. Pematangsiantar: Kolportase Pusat, 2010.

Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip Dan Praktik PAK. Yogyakarta: ANDI, 2006.

Lase, Delipiter, Amurisi Ndraha, and Gustav Gabriel Harefa. “Persepsi Orang tua Siswa Sekolah Dasar Di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 13, no. 2 (December 12, 2020): 85–98.

Marbun, Purim. “Menggagas Pendidikan Karakter.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10, no. 1 (2019): 1–11. http://sttbi.ac.id/journal/index.php/edukasi/article/view/58.

Marshall, Catherine, and Gretchen B. Rossman. Designing Qualitative Research. 6th ed. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, Inc., 2015.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Nainupu, Astrid Maryam Yvonny, and Ayang Emiyati. “Kunci Keberhasilan Seorang Anak Dalam Pemaparan Alkitab.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 2 (December 31, 2020): 91. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/DJCE/article/view/329.

Poerwadarminto, W. J. S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1984.

Purba, Asmat. “Tanggung Jawab Orang Tua Kristen Dalam Mendidikan Anak Menyikapi Pandemi Covid-19.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 4, no. 1 (May 29, 2020). http://jurnal.stttorsina.ac.id/index.php/epigraphe/article/view/151.

Rahim, Farida. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Ratnasari, Yunita. “Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Teman Sebaya Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri Bojongsari I Kabupaten Purbalingga.” Universitas Negeri Yogyakarta, 2011.

Richards, Lawrence O. Mengajarkan Alkitab Secara Kreatif. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 1994.

Russell, H Russell Bernard and Bernard H. Research Methods in Anthropology: Qualitative and Quantitative Approaches. Walnut Creek: AltaMira Press, 2006.

Sidjabat, B. S. Membangun Pribadi Unggul. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.

Sidjabat, B. Samuel. Strategi Pendidikan Kristen Suatu Tinjauan Teologis-Filosofis. Yogyakarta: Andi Offset, 1994.

Smit, Brigitte, and Anthony J. Onwuegbuzie. “Observations in Qualitative Inquiry: When What You See Is Not What You See.” International Journal of Qualitative Methods 17, no. 1 (December 1, 2018): 160940691881676. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1609406918816766.

Stanislaus, Surip. Bimbing Anak Cinta Alkitab. Yogyakarta: Kanisius, 2010.

Tjen, Anwar, trans. Katekhismus Dr. Martin Luther. 5th ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007.

Utami, Larasati Dyah. “Tingkat Literasi Indonesia Di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara.” Last modified 2021. Accessed July 14, 2021. https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661.

Wau, Hasanema. Gereja Pasca Covid-19. Yogyakarta: Andi Offset, 2020.

Wijayani, Elisabeth Lita. “Efektivitas Penggunaan Cerita Bergambar Sebagai Media Pengenalan Tokoh Kitab Suci Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Soegijapranata Klaten Utara.” Universitas Sanata Darma, 2017.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlidungan Anak. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia, 2002.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara Republik Indonesia, 2003.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak. Sekretariat Negara Republik Indonesia, 2014.

Downloads

Published

2021-08-26

How to Cite

Hulu, L., Lase, D., & Ndraha, A. (2021). Upaya Orang Tua Menumbuhkan Minat Baca Anak pada Alkitab. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 14(1). https://doi.org/10.36588/sundermann.v14i1.50

Issue

Section

Table of Contents