Hakikat Pelayan Jemaat dari Perspektif Allah

Studi Hermeneutik terhadap Metafora dalam 2 Korintus 2:14a

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.23

Keywords:

2 Korintus 2:14a, hakikat pelayan, kekuatan Allah, tradisi, tawanan perang

Abstract

Artikel ini ditulis dalam rangka membantu para Pendeta Jemaat menjawab pergumulan mereka oleh karena tuntutan Jemaat terhadap kriteria pendidikan dan kecakapan yang harus mereka miliki, untuk merespons perkembangan zaman. Tuntutan tersebut mendorong para pelayan berusaha memenuhinya dengan menempuh pendidikan atau pelatihan atas usaha sendiri. Namun di sisi lain, hal itu menimbulkan problema baru. Para pelayan semakin kurang mengandalkan kekuatan spiritualitas dalam melayani. Pelayanan semakin berorientasi pada prestasi. Akibatnya tidak sedikit pelayan yang lupa akan hakikat pelayanan. Tingginya biaya untuk mengasah kemampuan dan ketrampilan, yang tidak diimbangi oleh kemampuan Jemaat menanggulangi biaya hidup pelayan, menyebabkan pelayanan pelayan berorientasi pada kepentingan dirinya. Untuk menjawab pergumulan tersebut, penulis menyodorkan perspektif lain tentang hakikat pelayan, dengan menelusuri pengalaman dan pandangan Paulus, melalui kajian literatur, dengan melakukan studi hermeneutik atas 2 Korintus 2:14a. Ayat tersebut mengandung sebuah metafora, yakni tawanan perang, yang digunakan Paulus untuk mengemukakan pembelaannya terhadap kerasulannya, yang sedang mendapat serangan dari pihak luar Jemaat, yang berhasil memprovokasi Jemaat Korintus, sehingga Jemaat itu mulai menilai Paulus berdasarkan tradisi pada waktu itu, yaitu mengandalkan kemampuan manusia. Dengan ukuran itu mereka menganggap Paulus tidak layak sebagai rasul. Menghadapi tuduhan tersebut, Paulus menggambarkan kerasulannya dengan menggunakan metafora tawanan perang yang rela dipermalukan dan digiring ke dalam maut (2 Kor 2:14a) demi kemuliaan sang pemenang yang menawannya. Melalui metafora itu, Paulus mendemonstrasikan pelayanan Yesus, yang rela menyerahkan diriNya ke dalam maut untuk melakukan kehendak BapaNya. Untuk itu Paulus memandang bahwa kemampuannya melayani tidak dengan mengandalkan usaha-usaha manusia, melainkan kemampuan yang semata-mata berasal (keluar) dari Allah saja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bultmann, Rudolf. The Second Letter to the Corinthians. Minneapolis: Augsburg Publishing House, 1985.

Ellis, E. Earle, and C. K. Barrett. “A Commentary on the Second Epistle to the Corinthians.” Journal of Biblical Literature 94, no. 3 (September 1975): 466. https://www.jstor.org/stable/3265176?origin=crossref.

Georgi, Dietrie. The Opponents of Paul in the Second Corinthians. Edinburgh: T & T Clark, 1986.

Hafemann, Scott J. Suffering and Ministry in the Spirit: Paul’s Defense of His Ministry in 2 Corinthians, 2:14-3:3. Eerdmans Pub Co, 1990.

Jean-Daniel, Dubois. “The Opponents of Paul in Second Corinthians.” Archives de Sciences Sociales des Religions 68, no. 2 (1989): 245–245.

Murphy-O’connor, Jerome. The Theology of the Second Letter to the Corinthians (New Testament Theology). Cambridge: Cambridge University Press, 1991.

Sieber, John H. “Book Review: Conflict and Community in Corinth: A Socio-Rhetorical Commentary on 1 and 2 Corinthians.” Interpretation: A Journal of Bible and Theology 51, no. 1 (January 1997): 95–99.

Williams, David J. Paul’s Metaphors: Their Context and Character. Reprint ed. Ada, Michigan: Baker Academic, 2003.

Witherington, Ben. Conflict and Community in Corinth: A Socio-Rhetorical Commentary on 1 and 2 Corinthians. Eerdmans Publishing Company, 1995.

Downloads

Published

2019-11-26

How to Cite

Gea, N. (2019). Hakikat Pelayan Jemaat dari Perspektif Allah: Studi Hermeneutik terhadap Metafora dalam 2 Korintus 2:14a. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 64-75. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.23

Issue

Section

Table of Contents